Serat adalah “sahabat” paling baik bagi pencernaan. Selain membuat rasa kenyang lebih lama, serat ampuh untuk mengatasi sembelit.

Menurut Dr Robynne Chutkan, seorang gastroenterolog dan penulis The Bloat Cure, serat membantu menciptakan semacam gel spons yang membantu kotoran keluar dengan mudah. Selain itu serat juga membuat kotoran menjadi lebih padat sehingga dorongan untuk BAB muncul lebih cepat.

Asupan serat terbaik bagi tubuh adalah yang berasal dari makanan utuh seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dengan begitu Anda akan mendapat dua jenis serat, yang cepat larut dan lambat dicerna sehingga baik untuk pencernaan.

Berikut daftar makanan kaya serat yang akan membantu melancarkan pencernaan Anda

1. Ubi Manis

ubi-jalar-merahSatu buah ubi manis panggang mengandung 6 gr serat.

2. Raspberry

RaspberrySatu cangkir raspberry memiliki 8 gr serta dan 65 kalori. Selain itu raspberry secara alami rendah gula.

3. Kacang Hitamkacang-hitam

Kacang hitam bisa dibilang paling kaya serat, satu cangkirnya mengandung kurang lebih 19 gr serat.

4. Edamane

EdamameAnda bisa mendapat asupan 8 gr serat jika menyemil satu cangkir edamame.

5. Apel

apelSebuah apel berukuran sedang mengandung 4,4 gr serat. Tambahkan dua sendok makan selai kacang dan Anda akan mendapat asupan 6,4 gr serat!

6. Alpukat

alpukatMeski teksturnya lembut dan creamy,ada sekitar 9,2 gr serat dalam sebuah avokad.

7. Blackberry

blackberryJenis buah berry yang satu ini tak hanya lezat melainkan juga Setiap satu cangkir blackberry mengandung 8 gr serat.

8. Chickpeas

kacangarabWah… Pasti agan gak tau yang satu ini… Sebenarnya di Indonesia nama ini familiar dengan sebutan “Kacang Arab” 😀 nambah ilmu lagi deh. Dan… Satu cangkir chickpeas masak mengandung 12,5 gr serat. Cocok untuk dijadikan kudapan ringan.

9. Brokoli

brokoliSatu bongkah brokoli ukuran sedang mengandung 6 gr serat. Anda bisa mengolahnya jadi makanan lezat dengan memanggangnya disertai tambahan keju parmesan.

10. Biji Chia

bijichiaPasti semua enggak tau kan ini apa… sebenarnya ini sebelum olahannya selasih lhoo gan… dan satu ons biji chia mengandung 10 gr serat. Masukkan biji chia ke dalam menu sarapan pagi dan pencernaan Anda akan lancar.

Sumber

  • Liputan6
  • Google

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>