Kelebihan Snapdragon 636

Nah, kali ini kita ingin membahas Kelebihan Snapdragon 636, kira kira, apa sih yang berubah, dan apa saja kelebihannya dibandingkan kakak kakaknya? Banyak sekali lho!

Kita mulai dengan mengamati ulang ponsel-ponsel yang beredar resmi di pasar Indonesia dulu. Pada 2016-2018 Snapdragon 625 menjadi prosesor seri 600 yang paling banyak digunakan oleh pabrikan. Bukan hanya Xiaomi lho!. Asus, Lenovo, dan Motorola juga menggunakannya.

Padahal, usai Snapdragon 625, Qualcomm sebenarnya sudah menghadirkan prosesor generasi berikutnya. Contohnya, Snapdragon 626, Snapdragon 630, lalu Snapdragon 636. Dari Snapdragon 625 ke Snapdragon 626 tentu terjadi peningkatan kinerja. Demikian halnya dari Snapdragon 626 ke Snapdragon 630. Puncaknya, yang saat ini kita bicarakan adalah Snapdragon 636.

Snapdragon 636 diperkenalkan Qualcomm pada 17 Oktober tahun lalu. Kendati sebenarnya diciptakan untuk ponsel kelas menengah, ia mengadopsi kemampuan mobile platform seri teratas Snapdragon 800. (huehehe, prosessor murah, jadi rasa flagship nih…)

Misalnya, Snapdragon 636 memanfaatkan Kryo 260 CPU yang biasanya hanya tersedia di Snapdragon seri 800. Alhasil performanya meningkat 40 persen dibandingkan Snapdragon 630. Kalau dikomparasikan dengan “prosesor sejuta umat” Snapdragon 625, persentase peningkatan kinerjanya tentu lebih besar lagi.

Membicarakan kamera berarti tak boleh melupakan Image Signal Processor (ISP). Snapdragon 636 menggunakan Qualcomm Spectra 160 ISP yang sebelumnya dijumpai di Snapdragon seri 800 saja. Implementasi tersebut menjanjikan zero shutter lag, pemfokusan yang lebih cepat dan akurat, serta kualitas gambar yang lebih prima.

Membicarakan sisi modem, Snapdragon 636 ini menggunakan X12 LTE yang mencapai kecepatan maksimalnya hingga 600Mbps lho! (gilak! secepat ini nanti bikin kuota habis… Eits! tapi tenang dulu, kalau operatornya belum bisa hingga segini, tapi ya, bisa future proof lah istilahnya huehehe)

Dan dalam sisi pengisian daya, prosesor pintar ini juga sudah support Quick Charge 4 dari Qualcomm (wah, makin gila ini mah… Quick Charge 3 aja udah ngebut, gimana yang ke 4 ya)

Mungkin sudah cukup segitu saja, pembahasan mengenai Snapdragon 636 ini, semoga makin banyak ponsel pintar yang menggunakan prosesor ini ya, *dan tentunya murah… *kabuuur…

 

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *