5 Ciri Khas Handphone Nokia Yang Tak Tergantikan

nokia

Siapa yang tak kenal Nokia? Produsen ponsel asal Espoo, Finlandia ini sempat menjadi produsen favorit banyak kalangan di era ’90-an hingga awal tahun 2000.

Sayangnya keputusan Nokia mengadopsi Windows Phone justru membuat perusahaan tidak mampu bertahan di tengah ketatnya bisnis ponsel pintar. Nokia pun harus merelakan divisi mobile miliknya diakuisisi oleh Microsoft.

Meski hingga kini tidak ada lagi ponsel besutan Nokia, tetapi setidaknya ada 5 (lima) kesan utama yang masih melekat kuat pada “ponsel sejuta umat” itu. Berikut ini adalah 5 tipikal ponsel merek Nokia yang sulit tergantikan oleh ponsel pintar merek apapun.

Nada Dering

Siapa tak ingat nada dering atau ringtonePolyphonic khas Nokia? Kemajuan teknologi nada dering kemudian membuat Nokia memboyong dentingan yang sama hingga ke seri Lumia.

Menariknya, di era ponsel fitur Nokia juga memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk mengarang sendiri nada dering yang mereka inginkan.

Casing Warna Warni

Masih ingat Nokia Pisang? Ponsel menyerupai botol minum dengan warna cerah khas anak muda menjadi kunci kesuksesan Nokia.

Sejak saat itu Nokia merilis sejumlah ponsel berwarna “eye-catching” hampir di semua seri besutannya. Bahkan, casing juga menjadi salah satu strategi pemasaran ponsel Nokia yang terbilang terhitung sukses diburu pecintanya.

Game Snake

Snake menjadi salah satu game favorit yang hanya bisa dimainkan oleh pengguna ponsel Nokia kala itu. Tak tanggung-tanggung, Nokia sempat mengadakan kompetisi memainkangame Snake di era 90’an.

Meski ponsel Nokia sudah tidak ada, tetapi kini game serupa bisa kembali dimainkan. Pengguna Android dapat bernostalgia melalui game serupa yang terlahir kembali dengan judul game “Snake Rewind”.

OS Symbian

Jauh sebelum ketenaran Android dan iOS, Nokia sudah lebih dahulu mencicipi kesuksesan berkat OS Symbian dan S40. Selain disematkan dalam ponsel fitur, sistem operasi ini juga diadaptasi dalam ponsel pintar seri Communicator.

Selain Symbian, Nokia juga sempat memperkenalkan ponsel dengan sistem operasi Meego. Sayangnya, OS ini tidak mampu mengembalikan masa kejayaan Nokia.

Daya Tahan

Berbeda dengan ponsel pintar yang mudah cacat saat terbentur, tidak demikian dengan ponsel Nokia. Meski memliki keterbatasan teknologi, ponsel fitur Nokia terhitung tahan banting saat ditempa berbagai pengujian ekstrim.

Menariknya, baru-baru ini seorang pecinta gadget melakukan pengujian salah satu ponsel pintar generasi terbaru melawan Nokia 3310, siapa yang lebih unggul? Tanpa diduga, Nokia 3310 justru mengungguli ponsel mahal generasi terbaru itu.

Sumber

  • Google
  • Tekno Liputan 6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *