akusisiyahooDunia tekno saat ini semakin hari memang semakin menarik untuk ditelusuri. Tidak hanya dari perkembangan kecanggihan yang dihadirkan oleh para pelaku atau produsennya, namun sebuah proses akuisisi perusahaan juga sangat menarik untuk diperbincangkan. Ya, proses akuisisi atau pembelian sebuah perusahaan atas perusahaan lainnya di dunia tekno saat ini sangat terdengar booming. Tidak hanya terhitung dari jumlah proses akuisisi yang terjadi, tapi nilai akuisisinya juga terbilang mencengangkan. Nah salah satu perusahaan yang juga telah mengalami akuisisi tersebut adalah Yahoo.

Perusahaan yang berpusat di Sunnyvale, California Amerika ini pada hari Senin, 25 Juli 2016 kemarin telah resmi dibeli oleh Verizon senilai 4,83 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 63 triliun secara tunai. Tentu saja meski Yahoo telah resmi diakusisi oleh Verizon namun riwayat Yahoo sebagai perusahaan diranah internet yang booming di tahun 2000-an. Ya, setiap kali kita akan membuat email memang kita akan selalu menggunakan Yahoo kala itu.

Nah dari sinilah kita akan coba ulik beberapa momen penting dari riwayat atau sejarah perjalanan Yahoo selama ini. Berikut ulasannya.

1. Didirikan

Momen penting pertama dari Yahoo adalah proses didirikannya. Yahoo sendiri didirikan pada akhir tahun 1994 oleh Jerry Yang dan David Filo yang merupakan lulusan Universitas Stanford. Saat itu Jerry Yang dan David Filo meluncurkan mesin pencari Yahoo dengan cara menyusun indeks dari hasil kurasi ribuan situs yang ada di internet.

Dalam pekerjaan menyusun indeks ini sendiri kala itu mereka dibantu oleh banyak orang. Mereka (Jerry Yang dan David Filo) memang sengaja menyewa para pekerja untuk membantu proses permintaan pendataan indeks dari berbagai situs agar bisa berjalan dengan cepat.

2. Go Public

Sejalah dengan bisnisnya, maka pada tahun 1996 tepatnya dibulan April,Yahoo berhasil Go Public setelah melakukan penawaran saham perdana (IPO) di bursa Nasdaq. Pada permulaannya ini saham Yahoo saat itu diperdagangkan dengan harga 24,5 dollar AS per lembar. Dalam perjalanannya sendiri saham Yahoo sempat meroket 154 persen ke angka 43 dollar AS sebelum kembali ke angka 33 dollar AS.

3. Tertinggi Sepanjang Sejarah

Saham Yahoo akhirnya mencapai puncak tertinggi dengan nilai 475 dollar AS per lembar pada tanggal 3 Januari 2000. Sejak tampil di lantai bursa, saham yang berbau internet seperti Yahoo memang selalu diburu. Sayangnya nilai tertinggi ini harus kandas ketika ada peristiwa serangan teroris ke menara kembar WTC serta juga karena kejadian pecahnya bubble dot com. Dari dua hal ini maka harga saham Yahoo pun turun drastis ke angka 8,11 dollar AS per lembar.

4. Caplok Flickr

Pada 20 Maret 2005, Yahoo melakukan pembelian atau akusisi atas Flickr yang merupakan sebuah layanan hosting foto dan video. Flickr yang didirikan tahun 2004 oleh Ludicorp ini kala itu memang sangat membuat yahoo kepincut. Pada saat akusisi, Flickr memang sedang mengalami pertumbuhan dengan memiliki pengguna mencapai 112 juta dan jumlah foto setiap harinya yang mencapai 1 juta.

Nilai akuisisi Yahoo atas Flickr sendiri saat itu tidak disebutkan, namun besarnya diperkirakan antara 40 juta dollar AS hingga 50 juta dollar AS. Pengguna Flickr pada 2015 lalu mencapai 112 juta, sementara jumlah foto yang di-share setiap harinya mencapai 1 juta.

5. Tolak Lamaran Microsoft

Berikutnya, momen penting dari riwayat Yahoo adalah saat dimana Yahoo menolak penawaran pembelian dari Microsoft dengan nilai 44,6 miliar dollar AS pada 1 Februari 2008 silam. Saat itu Yahoo sendiri masih memiliki pikiran untuk melakukan merger dengan perusahaan lain, termasuk Google, meski juga kemudian gagal dan kahirnya melengang sendirian.

6. Pergantian CEO dan Dibeli Verizon

Pada bulan Juni, pendiri Yahoo Jerry Yang mengambil alih perusahaan dari CEO Terry Semel karena investor yang kecewa dengan kinerja keuangan perusahaan. Pada Januari 2009, Yahoo sendiri dipegang oleh mantan eksekutif Autodesk, Carol Bartz yang ternyata kemudian memutuskan untuk mengundurkan diri.

Kepemimpinan CEO baru yaitu Scott Thompson pada Januari 2012 juga tak bertahan lama, karena dikeluarkan setelah diketahui membubuhi gelar palsu pada resume yang diajukannya. Kepemimpinan Yahoo pun beralih lagi ke Marissa Mayer yang sebelumnya menjabat sebagai Vice President di Google dimana kemudian terjadi akuisisi oleh Verizon pada 25 Juli 2016 kemarin.

Sumber

  • Maxmanroe

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>